Tiga Prinsip FBI Ajarkan Organisator

Desember 24, 2011

Oleh: Ahmad Taufiq*
Organisasi atau bisa di sebut dengan sebuah perkumpulan, dimana dalam perkumpulan ini tertulis sebuah garis struktur yang mengikat dan semua individunya mempunyai tujun yang sama. Hal ini selaras dengan apa yang di katakan oleh  john lock, menurut dia organisasi adalah serangkaian individu yang membentuk sebuah kelompok dan mempunyai tujuan yang sama.
Dalam berorganisasi tak sedikit kita temukan masalah-masalah baik masalah internal maupun external. masalah-masalah ini di sebabkan oleh beberapa faktor, akan tetapi hanya ada satu faktor yang paling dominan dan sangat berpotensi dalam hancurnya sebuah organisasi, yakni faktor individu yang mengkomandoi bagian-bagian pada struktur organisasi tersebut.
FBI (federal berneu investigation), salah satu organisasi besar yang visi utamanya adalah keamanan dan ketertiban hukum telah mengajari kita bagaimana orgnisasi itu bisa exis dan bisa meraih tujuan (visi) dari organisasi yang di ikutinya.
Inilah tiga prinsip yang di ajarkan oleh FBI kepada organisator dan terpampang jelas pada logo FBI. Prinsip yang pertama adalah FIDELITY (kesetiaan), yaitu kesetian akan organisasi yang di ikuti dengan benar benar menjaga dan konsisten dalam organisasinya. Prinsip yang kedua adalah BRAVERY (keberanian/ketegasan), yaitu ketegasan dalam pengambilan kebijakan ataupun dalam tindakan terhadap sesuatu yang kontradiktif dengan organisasi yang di ikuti. Dan untuk prinsip yang terakhir adalah INTEGRITY (kesatuan/kekompakan), yaitu rasa kekeluargaan yang mengikat antar anggota organisasi.

Dalam uraian tentang tiga prinsip FBI di atas, maka jelaslah bagaimana seorang organisator bisa menjadi organisator yang baaik dan sesuai dengan etika berorganisasi.

*Santri aktif wilayah sunan kalijaga angkatan 2007 

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar