Hafalan Menjadi Syarat Libur Santri Wilayah Sunan Kalijaga

Desember 28, 2011
Blangko penyetoran hafalan-

Libur maulid di pondok pesantren Nurul Jadid tinggal menghitung hari lagi. Semua lapisan pengurus pun mulai di sibukkan dengan hal hal yang terkait dengan liburan yang sudah menjadi rutinitas tahunan di pondok pesantren nurul jadid tersebut. Mulai dari teknis, aturan-aturan hingga prasyarat-prasyarat yang harus di penuhi untuk dapat mengikutinya.

Wilayah sunan kalijaga yang merupakan salah satu asrama santri yang berada di bawah naungan pondok pesantren Nurul Jadid juga mulai bergerak dalam menyambut libur maulid tersebut. Selain mengikuti ketentuan ketentuan yang sudah di tetapkan oleh Biro Kepesantrenan dan Biro Keamanan Dan Ketertiban pusat. Wilayah sunan kalijaga juga menetapkan beberapa prasarat bagi penghuninya agar dapat mengikuti liburan yang rencananya akan di laksanakan pada tanggal 3 Pebruari 2012 tersebut.

Salah satu prasarat yang di tetapkan dan merupakan prasarat yang paling menarik adalah di wajibkannya para penghuni wilayah sunan kalijaga untuk menyetorkan hafalan hafalan yang sudah di tetapkan oleh pengurus wilayah sunan kalijaga. Hafalan hafalan ini meliputi beberapa materi pokok yang ada dalam pesantren pada umumnya, yakni fiqih, tauhid, tajwid serta ilmu-ilmu kepesantrenan yang lainnya.

“materi materi ini kami jadikan patokan tak lain hanya karena pentingnya materi-materi ini, serta mengingat banyaknya santri yang masih belum memahami sepenuhnya akan materi-materi ini” komentar sofyam syah selaku penyelenggara ketika di tanya perihal penyetoran haafalan tersebut.

Penyetoran hafalan ini  merupakan hal yang baru di wilayah sunan kalijaga, meskipun pada dasarnya kegiatan ini telah di rencanakan di liburan-liburan sebelumnya, namun baru terrealisasikan menjelang libur maulid kali ini.

Respon dari penghunipun kini di luar dugaan, setelah dua hari penyetoran hafalan di mulai. Para penghuni telah banyak yang menyelesaikan hafalannya.”semoga respon positif ini menjadikan semangat baru bagi kepengurusan yang ada di wilayah sunan kalijaga saat ini” komentar faurul anas selaku kepala wilayah sunan kalijaga ketika di tanyai mengenai respon penghuni terhadap penyetoran hafalan tersebut.

Kini suasana di wilayah sunan kalijaga pun berubah, setiap harinya hampir di setiap sudut wilayah sunan kalijaga terlihat beberapa penghuni  yang sedang menyetorkan hafalannya kepada pengurus.

Oleh: Ahmad Taufiq

Artikel Terkait

Next Article
« Prev Post
Previous Article
Next Post »
Penulisan markup di komentar
  • Untuk menulis huruf bold gunakan <strong></strong> atau <b></b>.
  • Untuk menulis huruf italic gunakan <em></em> atau <i></i>.
  • Untuk menulis huruf underline gunakan <u></u>.
  • Untuk menulis huruf strikethrought gunakan <strike></strike>.
  • Untuk menulis kode HTML gunakan <code></code> atau <pre></pre> atau <pre><code></code></pre>, dan silakan parse kode pada kotak parser di bawah ini.

Disqus
Tambahkan komentar Anda

Tidak ada komentar